RANGKUMAN
PENDIDIKAN ILMU SOSIAL
NAMA : HEINRICH RAKUASA
NIM
: 2015-32-093
FAKULTAS KEGURUAN DAN
ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GEOGRAFI
AMBON
2016
R A N G K U M A N
v Hakekat
IPS adalah: suatu telaah tentang masalah-masalah atau gejala manusia dan
dunianya,manusia sebangai makhluk sosial,selalu hidup bersama-sama .Dalam
kehidupanya manusia harus menghadapi tantangan-tantangan yang berasal dari
lingkunganya maupun dari sesamanya .
v Tujuan
pendidikan nasional tercantum dalam GBHN Pasal 31,yaitu:
Pendidikan
nasional bertujuan adalah: “untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang
Maha Esa,kecerdasan,ketrampilan,mempertingi budi pengerti,memperkuat
kepribadian dan mempertebal semangat kebangsaan,agar dapat menumbuhkan
manusia-manusia pembangunan yang dapat
membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan
bangsa
v Untuk
mencapai tujuan pendidikan nasional,perlu dilaksanakan operasoinal yang
dijabarkan kedalam tujuan kurikuler tiap jenis dan tiap jenjang
v Untuk
mencapai tujuan kurikuler,secara praktis
tiap jenis dijabarkan pada tujuan instrksional.Tiap bidang studi dan sub bidang
studi yang di laksanakan pada proses belajar mengajar (pembelajaran) yang di
kkenal sekarang dengan istilah INDIKATOR
v Tujuan
pendidikan pengajaran di indonesia di urutkan sebangai berikut
·
Tujuan Pendidikan
Nasional
·
Ttujuan Institusional
·
Tujuan Kurikuler
·
Tujuan Instruksional
v Pengajaran
IPS harrus mengandung usur-unsur seperti:
·
Efeksi
·
Kognitif
·
Psikomotor
v Berdasarkan
kelembagaannya pendidikan di indonesia di bedakan menjadi 3 tingkat yaitu:
a. Pendidikan
Dasar
b. Pendidikan
Menengah
c. Pendidikan
Tinggi
v Fungsi
Pendidikan adalah: “mengembangkan sumber manusia untuk kepentingan dirinya
sendiri dan untuk kepentingan masyarakat.
v Tujuan
Institusional Pendidikan Dasar adalah:
a. Membekali
peserta didik dengan sikap,pengetahuan dan ketrampilan dasar,dapat
mengembangkan pribadinya sebangai anggota masyarakat yang dapat meningkatkan kemampuan
dirinya sendiri dan dapat ikut mensejaterahkan masyarakat
b. Membekali
peserta didik dengan kemampuan ilmu dan pengetahuan dasar,bagi yang melanjutkan
pendidikan selanjutnya
v Tujuan
institusional penddikan menengah
1. Tujuan
istitusional SLTP yaitu
v Membekali
peserta didik dengan sikap, pengetahuan dan ketrampilan dasar, yang dapat di
kembangkan menjadi pribadi-pribadi yang mampu berdiri di atas kaki sendiri ,
sesuai dengan pengetahuan, kecakapan, dan ketrampilan yang telah diperolehnya
v Membekali
peserta didik dengan dasar akademik dan kecakapan untuk dpat melanjutkan
pendidikan di sekolah lanjutan atas atau kejuruan
2. Tujuan
intitusional SLTA dan kejuruan yaitu ;
a. Membekali
peserta didik dengan sikap, pengetahuan dan ketrampilan sesuay dengan kejuruan yang
di pelajari untuk menjadi pribadi yang dapat berdiri di atas kakinya sendiri
dan dapat mengembangkan keahlianya untuk kepentingan kesejatraan masarakat
b. Membekali
peserta didik dengan kemampuan akademik untuk menjadi tenaga ahli menengah, di
bawah tenaga ahli keluaran perguruan tinggi atau akademik
c. Membekali
peserta didik dengan kemampuan akademik untuk dapat menciptakan pekerjaan
sendiri sesuai dengan bidang keilmuaan yang di pelajarinya
v Tujuan
kulikuler merupakan penjabaran dari tujuan istitusional sesuai dengan bidang
studi yang di cantumkan dalam kurikulum
tiap jenis dan jenjang pendidikan
v 5
kebutuhan kurikulum yang harus di penuhi
1) Kebutuhan
untuk mengurangi keterbelakaangan atau kepincaangan antara proses mekanisme
dengan proses sosial yang merupakan hal yang harus di tandai sebagai faktor –
faktor pokok masalah sosial dewasa ini
2) Kebutuhan
untuk mmembantu individu meningkaatkan keberhasilan dalam kehidupan, dalam
menghadapi dan memecakan masalah-masalah pribadi untuk mengembangkan semberdaya
serta kekuatan mentalnya
3) Kebutuhan
untuk merealisasikan demokrasi sebagai suatu gaya hidup ( untuk indonesia,
harus berdasarkan pancasila )
4) Kebutuhan
mengembangkan suatu warga negara serta lebih aktif dan menarik, untuk itu ikut
serta memecakan masalah-masalah di masarakat
5) Kebutuhan
untuk meningkatkan perdamayan dinia
v Tujuan
kurikurum IPS yang harus di capai
a) Membekali
peserta didik dengan pengetahuan sosial yang berguna dalam kehidupan masarakat
b) Membekali
peserta didik dengan kemampuan mengidentifikasi, menganalisa, dan menyusun
alternatik pemecahan masalah sosial yang tejadi dalam kehidupan di masarakat
c) Membekali
peserta didik dengan kemampuan berkomunikasi dengan sesama warga masarakat, dan
berbagai bidang keilmuan serta berbagai keahlian
d) Membekali
peserts didik dengan kemampuan mengembangkan pengetahuan dan keilmuan IPS
sesuay dengan perkembangkan kehidupan, perkembangan masarakat dan perkembangan
ilmu dan teknologi
v Tujuan
instuksional di bagi menjadi 3 kelompok yaitu :
1) Kelempok
kognitif
2) Kelompok
efektif
3) Kelompok
psikomotor
v Tujuan
kogmunitif adalah tujuan yang berkenan dengan ingatan dan pengenalan kembali
pengetahuan , perkembangan kemampuan intelektual dan ketrampilan inteliktual .
v Tujuan
kognutif terbagi dalam 6 kelompok yaitu ;
1) Pengetahuan
2) Pengertian
3) Penerapan
4) Analisa
5) Sintesa
6) Evaluasi
v Tujuan
efektif adalah tujuan yang menentukan warna perasaan emosional atau derajat
penerimaan atau penolakan
v Tujuan efektif
dapat di kelompokan dalam 5 kelompok yaitu ;
1) Penerimaan
atau perhatian
2) Jawaban
atau sambutan
3) Penghargaan
4) Pengorganisasian
5) Karakterisasi
nilai
v Tujuan
sikomotor adalah tujuuan yang menekankan pada ketrampilan otot atau ketrampilan
fisik yang berhubungan dengan manipulasi material dan alat-alat, atau merupakan
tindakan yang memerlukan kordinasi antara urat saraf dan kekuatan fisik
v Tujuan
siko motor di kelompokan menjadi 7 kelompok ;
1) Pengenderaan
2) Kesiapan
bertindak
3) Rerpon
atau sambuatan terbimbing
4) Mekanisme
atau tindakan yang otomatis
5) Ketrampilan
yang hati-hati
6) Adaptasi
7) Keaslian
atau tindakan
v Prof.Dr
Winardo Surakhmad,mengemukakan mengajar adalah: “peristiwa bertujuan,artinya
peristiwa yang terikat oleh tujuan,terarah pada tujuan dan di laksanakan
semata-mata untuk mencapai tujun tersebut
v Interaksi
edukatif adalah:interaksi sosial yang harus memiliki ciri-ciri tersendiri
yaitu:
·
Ada tujuan yang jelas
akan di capai
·
Ada bahan yang menjadi
isi proses
·
Ada guru yang
melaksanakan
·
Ada metode tertentu
untuk mencapai tujuan
·
Proses interaksi tersebut
berlangsung dalam ikatan situasional
v Guru
IPS harus mempunyai kemampuan kompentensi yaitu:
a) Kemampuan
mengorganisasikan dan menyabarkan materi pelajaran kedalam bentuk yang lebih
mudah di laksanakan,mudah di kelolahdan muda di mengertioleh peserta didik .
Kriteria di atas,merupahkan kunci
keberhasilan guru untuk mencapai tujuan intruksional IPS.oleh sebab itu kriteria di atas perlu du
jabarkan lagi pada:
1) Menaruh
minat yang penuh pada IPS
2) Menguasai
hakekat IPS
3) Berjiwa
wirasuasta
b) Kemampuan
mengunakan variasi stratengi pengajaran kelompok besar,kelompok kecil,dan para
peserta dan peserta didik secara individual
Kemampuan di atas di uraikan sebangai
berikut:
1) Dasar
kepemimpinan
2) Dasar
simulator
3) Dasar
kemampuan melakukan pengajaran tim
c) Teknik,strategi
dan metude pengajaran IPS
v Ketrampilan
yang di gunakan pada pengajaran IPS
1) Keitrampilan
berbahasa
2) Ketrampilan
mengunakan perbendaharan kata-kata yang berhubungan dengan IPS
3) Ketrampilan
membaca
4) Ketrampilan
mengunakan peta dan globe
5) Ketrampilan
mengunakan media l

Tidak ada komentar:
Posting Komentar