Kamis, 07 Juli 2016

RANGKUMAN PENDIDIKAN ILMU SOSIAL



RANGKUMAN
PENDIDIKAN ILMU SOSIAL







NAMA : HEINRICH RAKUASA
NIM      : 2015-32-093





FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GEOGRAFI
AMBON
2016
                               
R A N G K U M A N

v  Hakekat IPS adalah: suatu telaah tentang masalah-masalah atau gejala manusia dan dunianya,manusia sebangai makhluk sosial,selalu hidup bersama-sama .Dalam kehidupanya manusia harus menghadapi tantangan-tantangan yang berasal dari lingkunganya maupun dari sesamanya .
v  Tujuan pendidikan nasional tercantum dalam GBHN Pasal 31,yaitu:
Pendidikan nasional bertujuan adalah: “untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa,kecerdasan,ketrampilan,mempertingi budi pengerti,memperkuat kepribadian dan mempertebal semangat kebangsaan,agar dapat menumbuhkan manusia-manusia pembangunan  yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa
v  Untuk mencapai tujuan pendidikan nasional,perlu dilaksanakan operasoinal yang dijabarkan kedalam tujuan kurikuler tiap jenis dan tiap jenjang
v  Untuk mencapai tujuan kurikuler,secara  praktis tiap jenis dijabarkan pada tujuan instrksional.Tiap bidang studi dan sub bidang studi yang di laksanakan pada proses belajar mengajar (pembelajaran) yang di kkenal sekarang dengan istilah INDIKATOR
v  Tujuan pendidikan pengajaran di indonesia di urutkan sebangai berikut
·         Tujuan Pendidikan Nasional
·         Ttujuan Institusional
·         Tujuan Kurikuler
·         Tujuan Instruksional
v  Pengajaran IPS harrus mengandung usur-unsur seperti:
·         Efeksi
·         Kognitif
·         Psikomotor
v  Berdasarkan kelembagaannya pendidikan di indonesia di bedakan menjadi 3 tingkat yaitu:
a.       Pendidikan Dasar
b.      Pendidikan Menengah
c.       Pendidikan Tinggi
v  Fungsi Pendidikan adalah: “mengembangkan sumber manusia untuk kepentingan dirinya sendiri dan untuk kepentingan masyarakat.
v  Tujuan Institusional Pendidikan Dasar adalah:
a.       Membekali peserta didik dengan sikap,pengetahuan dan ketrampilan dasar,dapat mengembangkan pribadinya sebangai anggota masyarakat yang dapat meningkatkan kemampuan dirinya sendiri dan dapat ikut mensejaterahkan masyarakat
b.      Membekali peserta didik dengan kemampuan ilmu dan pengetahuan dasar,bagi yang melanjutkan pendidikan selanjutnya
v  Tujuan institusional penddikan menengah
1.      Tujuan istitusional SLTP yaitu
v  Membekali peserta didik dengan sikap, pengetahuan dan ketrampilan dasar, yang dapat di kembangkan menjadi pribadi-pribadi yang mampu berdiri di atas kaki sendiri , sesuai dengan pengetahuan, kecakapan, dan ketrampilan yang telah diperolehnya
v  Membekali peserta didik dengan dasar akademik dan kecakapan untuk dpat melanjutkan pendidikan di sekolah lanjutan atas atau kejuruan
2.      Tujuan intitusional SLTA dan kejuruan  yaitu ;
a.       Membekali peserta didik dengan sikap, pengetahuan dan ketrampilan sesuay dengan kejuruan yang di pelajari untuk menjadi pribadi yang dapat berdiri di atas kakinya sendiri dan dapat mengembangkan keahlianya untuk kepentingan kesejatraan masarakat
b.      Membekali peserta didik dengan kemampuan akademik untuk menjadi tenaga ahli menengah, di bawah tenaga ahli keluaran perguruan tinggi atau akademik
c.       Membekali peserta didik dengan kemampuan akademik untuk dapat menciptakan pekerjaan sendiri sesuai dengan bidang keilmuaan yang di pelajarinya
v  Tujuan kulikuler merupakan penjabaran dari tujuan istitusional sesuai dengan bidang studi yang di cantumkan dalam kurikulum  tiap jenis dan jenjang pendidikan
v  5 kebutuhan kurikulum yang harus di penuhi
1)      Kebutuhan untuk mengurangi keterbelakaangan atau kepincaangan antara proses mekanisme dengan proses sosial yang merupakan hal yang harus di tandai sebagai faktor – faktor pokok masalah sosial dewasa ini
2)      Kebutuhan untuk mmembantu individu meningkaatkan keberhasilan dalam kehidupan, dalam menghadapi dan memecakan masalah-masalah pribadi untuk mengembangkan semberdaya serta kekuatan mentalnya
3)      Kebutuhan untuk merealisasikan demokrasi sebagai suatu gaya hidup ( untuk indonesia, harus berdasarkan pancasila )
4)      Kebutuhan mengembangkan suatu warga negara serta lebih aktif dan menarik, untuk itu ikut serta memecakan masalah-masalah di masarakat
5)      Kebutuhan untuk meningkatkan perdamayan dinia
v  Tujuan kurikurum IPS yang harus di capai
a)      Membekali peserta didik dengan pengetahuan sosial yang berguna dalam kehidupan masarakat
b)      Membekali peserta didik dengan kemampuan mengidentifikasi, menganalisa, dan menyusun alternatik pemecahan masalah sosial yang tejadi dalam kehidupan di masarakat
c)      Membekali peserta didik dengan kemampuan berkomunikasi dengan sesama warga masarakat, dan berbagai bidang keilmuan serta berbagai keahlian
d)     Membekali peserts didik dengan kemampuan mengembangkan pengetahuan dan keilmuan IPS sesuay dengan perkembangkan kehidupan, perkembangan masarakat dan perkembangan ilmu dan teknologi
v  Tujuan instuksional di bagi menjadi 3 kelompok yaitu :
1)      Kelempok kognitif
2)      Kelompok efektif
3)      Kelompok psikomotor
v  Tujuan kogmunitif adalah tujuan yang berkenan dengan ingatan dan pengenalan kembali pengetahuan , perkembangan kemampuan intelektual dan ketrampilan inteliktual .
v  Tujuan kognutif terbagi dalam 6 kelompok yaitu ;
1)      Pengetahuan
2)      Pengertian
3)      Penerapan
4)      Analisa
5)      Sintesa
6)      Evaluasi
v  Tujuan efektif adalah tujuan yang menentukan warna perasaan emosional atau derajat penerimaan atau penolakan
v  Tujuan  efektif  dapat di kelompokan dalam 5 kelompok yaitu ;
1)      Penerimaan atau perhatian
2)      Jawaban atau sambutan
3)      Penghargaan
4)      Pengorganisasian
5)      Karakterisasi nilai
v  Tujuan sikomotor adalah tujuuan yang menekankan pada ketrampilan otot atau ketrampilan fisik yang berhubungan dengan manipulasi material dan alat-alat, atau merupakan tindakan yang memerlukan kordinasi antara urat saraf dan kekuatan fisik
v  Tujuan siko motor di kelompokan menjadi 7 kelompok ;
1)      Pengenderaan
2)      Kesiapan bertindak
3)      Rerpon atau sambuatan terbimbing
4)      Mekanisme atau tindakan yang otomatis
5)      Ketrampilan yang hati-hati
6)      Adaptasi
7)      Keaslian atau tindakan
v  Prof.Dr Winardo Surakhmad,mengemukakan mengajar adalah: “peristiwa bertujuan,artinya peristiwa yang terikat oleh tujuan,terarah pada tujuan dan di laksanakan semata-mata untuk mencapai tujun tersebut
v  Interaksi edukatif adalah:interaksi sosial yang harus memiliki ciri-ciri tersendiri yaitu:
·         Ada tujuan yang jelas akan di capai
·         Ada bahan yang menjadi isi proses
·         Ada guru yang melaksanakan
·         Ada metode tertentu untuk mencapai tujuan
·         Proses interaksi tersebut berlangsung dalam ikatan situasional
v  Guru IPS harus mempunyai kemampuan kompentensi yaitu:
a)      Kemampuan mengorganisasikan dan menyabarkan materi pelajaran kedalam bentuk yang lebih mudah di laksanakan,mudah di kelolahdan muda di mengertioleh peserta didik .
Kriteria di atas,merupahkan kunci keberhasilan guru untuk mencapai tujuan intruksional  IPS.oleh sebab itu kriteria di atas perlu du jabarkan lagi pada:
1)      Menaruh minat yang penuh pada IPS
2)      Menguasai hakekat IPS
3)      Berjiwa wirasuasta
b)      Kemampuan mengunakan variasi stratengi pengajaran kelompok besar,kelompok kecil,dan para peserta dan peserta didik secara individual
Kemampuan di atas di uraikan sebangai berikut:
1)      Dasar kepemimpinan
2)      Dasar simulator
3)      Dasar kemampuan melakukan pengajaran tim
c)      Teknik,strategi dan metude pengajaran IPS
v  Ketrampilan yang di gunakan pada pengajaran IPS
1)      Keitrampilan berbahasa
2)      Ketrampilan mengunakan perbendaharan kata-kata yang berhubungan dengan IPS
3)      Ketrampilan membaca
4)      Ketrampilan mengunakan peta dan globe
5)      Ketrampilan mengunakan media l

Tidak ada komentar:

Posting Komentar